Perhatikan Trik Pasang AC Yang Baik Di Kamar Tidur

Saat pasang AC, ketika melakukannya secara tidak tepat tentu saja bisa membuat AC mengalami banyak masalah kedepannya.  Apalagi untuk pemasangan AC di area kamar tidur harus benar-benar diperhatikan berbagai pertimbangan dalam pemasangan di ruangan tersebut.

Anda harus tahu berbagai posisi pemasangan AC yang benar di kamar tidur, agar kinerja AC tersebut bisa selalu optimal. Berikut ini beberapa tips pemasangan AC yang benar untuk kamar tidur Anda.

1. Hindari Pemasangan AC Di Depan Tempat Tidur

Yang pertama harus Anda lakukan adalah dengan menghindari langsung AC yang diletakkan berhadapan dengan tempat tidur. Hal ini agar Anda tidak terpapar embusan angin dari AC sepanjang malam yang bisa menyebabkan masuk angin atau flu.

Udara yang terhirup terus-menerus bisa menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang. Seperti misalnya kulit kering hingga bibir pecah-pecah dan sakit kepala saat bangun tidur.

2. Pasang Di Samping Tempat Tidur

Baik pemasangan AC di samping kanan atau kiri tempat tidur sah-sah saja atau usahakan berada di tengah-tengah atau dekat kaki jangan sampai  mengarah ke bagian kepala. Jangan sampai mensejajarkan pemasangan AC di atas kepala agar embusan udara dingin tidak langsung mengenai kepala.

3. Peletakan Pada Tembok

Untuk kegiatan pasang AC yang benar di kamar, maka harus Anda letakkan pada tembok yang lapang tanpa ada halangan benda. Tidak boleh melakukan pemasangan AC di belakang objek yang tinggi seperti lemari pakaian misalnya. Pemasangan yang seperti sembunyi tersebut akan mengurangi performa pada AC.

AC yang terhalang lemari atau rak juga akan menghalangi penggunaan remot kontrol sehingga pengoperasian AC jadi terhambat. Pasang AC di tembok lapang tanpa penghalang agar udaranya bisa maksimal berhembus.

4. Hindari Bagian Pintu Dan Jendela

Anda juga harus menghindari pemasangan AC dekat pintu atau jendela hingga lubang ventilasi. Cara ini harus dilakukan supaya kinerja AC tetap stabil dalam mendinginkan ruangan. Pintu dan jendela atau ventilasi adalah area terbuka yang bisa membuat udara dingin di dalam AC berlari keluar.

Hal-hal seperti ini jika terjadi terus-menerus akan membuat konsumsi daya listrik yang dibutuhkan AC semakin tinggi dan tagihan listrik tentu saja akan naik. Alasannya karena AC akan bekerja lebih keras sebab udara dingin di dalam ruangan keluar dan udara panas dari luar menerobos masuk.

5. Tidak Boleh Dekat Plafon

Dalam pemasangan AC di kamar, maka tidak boleh juga terlalu dekat dengan plafon. Jarak yang harus anda ketahui adalah jarak sekitar 15 cm antara AC dan plafon yang dipasang. Pemasangan AC di tempat yang tinggi memang sangat bagus untuk menyebarkan udara dingin namun bila terlalu menempel ke plafon kinerja AC akan tidak maksimal.

Pemasangan AC yang terlalu dekat dengan plafon juga tidak baik karena AC bisa menjadi tempat persembunyian serangga karena sempit dan gelap. Hal ini tentu akan mengakibatkan AC yang mudah kotor dan rusak untuk jangka panjang.

Itu tadi trik-trik pasang AC yang bisa anda ikuti untuk pemasangan AC di kamar. Bagi yang ingin melakukan pemasangan AC, agar tidak salah dalam penempatannya maka wajib menggunakan jasa service berkompeten dan profesional.

Anda bisa memilih jasa tukang AC terbaik dari platform yang bisa membantu menemukan jasa sesuai kebutuhan yaitu Sejasa. Sejasa akan membantu untuk menemukan tukang service AC bersertifikat dan juga berasal dari perusahaan profesional. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa kunjungi website resmi Sejasa dan aplikasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *