Tips Cermat Dalam Memilih Rumah Subsidi!

Beli rumah subsidi tentu saja menjadi solusi terbaik untuk Anda yang memiliki budget terbatas. Program subsidi rumah yang dilakukan pemerintah tentu saja sangat membantu, untuk Anda agar bisa mendapatkan rumah yang layak meski harganya relatif murah.

Namun dalam pemilihan rumah subsidi harus tetap cermat. Misalnya jika anda ingin membeli atau kredit rumah subsidi Bandung, tentu harus diperhatikan berbagai aspek. Cara ini supaya Anda tidak merugi meski membeli rumah dengan harga yang terjangkau. Berikut akan disajikan beberapa tips dalam pemilihan rumah subsidi.

1. Perhatikan Lokasi Perumahan

Rumah subsidi lokasinya tentu saja tidak berada di pusat kota, umumnya berlokasi di pinggiran kota. Meski begitu, agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari maka harus perhatikan bagaimana lokasi dari perumahan dan juga lingkungannya.

Meski bukan rumah yang berada di daerah pusat kota, tentu Anda harus tetap mendapatkan rumah yang layak. Artinya rumah tersebut tidak berada di area udah banjir, lokasi rumah yang yang berada di area tanah timbun, kesulitan mendapatkan air bersih dan masih banyak lagi.

Jadi dalam pemilihan lokasi rumah Anda harus teliti jadi tidak ada masalah di kemudian hari.

2. Cek Rumah Subsidi

Jangan cuek terhadap kondisi riil dari perumahan subsidi yang ingin anda pilih. Rumah subsidi merupakan rumah baru yang harusnya punya kualitas dan berfungsi dengan baik. Tapi karena rumah tersebut harganya terjangkau, ada beberapa developer tidak bertanggung jawab yang tidak teliti pada kualitas rumah yang dibangun.

Untuk itu, jika Anda ingin membeli rumah subsidi maka harus langsung datang untuk mengetahui bagaimana kondisi bangunan. Bangunan yang dipilih tentu tidak boleh memiliki kualitas yang rendah agar tidak terdapat masalah saat nantinya menempati rumah tersebut.

Anda juga tidak perlu keluarkan biaya tambahan untuk perbaikan rumah ketika terjadi permasalahan pada kualitas bangunan. Caranya yaitu dengan melakukan pengecekan secara detail pada rumah subsidi.

3. Kualitas Bangunan Rumah

Rumah subsidi tentu saja kualitasnya akan berbeda dengan rumah konvensional atau rumah non subsidi. Tapi tetap memungkinkan, Anda bisa menemukan rumah subsidi dengan kualitas fisik bangunan yang baik.

Kualitas fisik dari bangunan rumah yang Anda pilih jika rendah maka akan sangat merugikan. Karena Anda wajib mengeluarkan biaya renovasi tambahan yang jumlahnya akan lebih besar.

Drainase atau pengairan dari rumah subsidi yang dipilih juga sangat penting. Pastikan bahwa anda tidak kesulitan mendapatkan air bersih di rumah subsidi yang nantinya akan ditempati.

4. Pilih Developer Terbaik

Pemilihan rumah bersubsidi harus cermat, salah satunya yaitu dengan memilih developer rumah terbaik. Pilih developer rumah yang memang sudah berpengalaman dan punya nama. Dengan begini, maka Anda bisa mendapatkan rumah dengan kualitas terbaik yang dibangun oleh developer tersebut.

Anda bisa mengetahui apakah developer dari rumah subsidi terpercaya atau tidak dengan melakukan survei. Baik survei dari internet maupun bertanya dengan kerabat atau siapa saja yang paham tentang pemilihan developer rumah.

5. Pahami Perbedaan Rumah Subsidi Dan Konvensional

Ada rumah subsidi tentu ada juga rumah konvensional. Kedua jenis rumah ini tentu saja berbeda berdasarkan harga rumah hingga fasilitasnya. Untuk Anda yang ingin beli rumah subsidi, pastikan  bahwa mengetahui detail perbedaan antara rumah subsidi dan konvensional untuk mencegah penipuan.

Ada beberapa oknum tidak bertanggung jawab yang melakukan kecurangan untuk menjual rumah subsidi dengan harga konvensional. Ini tentu sangat merugikan karena kualitas rumah tentu saja akan berbeda.

6. Metode Pembayaran

Anda tentu saja bisa memilih berbagai metode pembayaran untuk rumah subsidi. Tidak memiliki biaya yang cukup, maka bisa melakukan cicilan rumah subsidi secara KPR. Untuk detail prosedurnya Anda bisa langsung tanyakan pada developer yang dipilih.

Rumah subsidi yang dipilih harus punya sistem pembayaran yang fleksibel. Artinya untuk cicilan KPR juga harus benar-benar menguntungkan antara kedua belah pihak. Jangan sampai pemilihan rumah KPR justru merugikan Anda jika dilakukan pencatatan untuk biaya pembayaran rumah setiap bulannya.

7. Legalitas Tanah

Ketika membeli rumah subsidi dari developer, maka perlu juga mengetahui bagaimana legalitas dari tanah tempat rumah tersebut dibangun. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencari informasi langsung di Dinas Pertanahan setempat.

Anda harus mengetahui bagaimana asal-usul dari HGB yang dipegang oleh pihak developer apakah memang benar-benar legal atau tidak. Tanah berlegalitas resmi tentu akan membuat Anda lebih nyaman ketika menempati rumah yang berpijak pada tanah tersebut.

8. Jangan Tertipu  Brosur

Periklanan rumah subsidi tentu saja dilakukan besar-besaran baik secara online maupun offline. Tentu Anda tidak boleh tertipu dengan brosur yang ada. Maka dari itu di awal, terdapat poin yang menjelaskan bahwa Anda harus mengunjungi lokasi rumah subsidi secara langsung.

Karena meski bisa melakukan survei dari internet atau dengan brosur yang ada, tetap saja memberikan kemungkinan bahwa nantinya Anda bisa rugi jika tidak survei terlebih dahulu.

Itu tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika ingin membeli rumah subsidi baik secara cicilan maupun cash. Anda bisa memilih rumah subsidi berdasarkan lokasi yang strategis, budget yang dimiliki di platform terbaik. Platform tersebut adalah Rumah.com.

Rumah.com dapat membantu Anda untuk menemukan rumah subsidi berdasarkan lokasi tempat tinggal. Karena jangkauan platform ini adalah seluruh wilayah yang ada di Indonesia, sehingga untuk pencarian rumah subsidi maupun konvensional jauh lebih muda lewat Rumah.com. Untuk informasi lebih lengkapnya Anda bisa langsung kunjungi website rumah.com atau aplikasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *